Thursday, July 19, 2012

Blogku Dimarahi Karena Disable Right Click

| Thursday, July 19, 2012 | 2 comments

Blog+disable+right+click+copy+paste

Hai sob berjumpa lagi dengan ane selaku penulis dari Blognya Venny ini. Kali ini ane berkesempatan untuk menuliskan artikel dengan judul Blogku Dimarahi Karena Disable Right Click. Sebenarnya ini sudah berlalu berhari-hari yang lalu, saat salah satu pengunjung blog ini mengunjungi salah satu artikel ane yang berjudul Inilah 5 Hal Enaknya Jadi Mahasiswa. Pengunjung tersebut marah karena ane mendisable right click serta mouse agar para copaser-copaser tidak sembarangan dalam mengcopas isi artikel-atikel di blog ini.
Ane juga lelah kalau seandainya hasil ketikan ane ini dicopas secara sepihak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tanpa memberikan link balik kepada ane. Mungkin pengunjung tersebut memang berniat menshare artikel tersebut dengan niat baik memberikan link balik, tapi ane juga tidak tahu kalau ia mau memberikan link balik atau tidak.

    Mengapa harus disable right click

    Sebenarnya ane juga malas untuk disable right click di blog ane ini. Apalagi kalau mau submit artikel ke social bookmarking untuk mendapatkan backlink dofollow. Tapi untuk alasan agar artikel ane tidak diduplicate asal-asalan oleh para copaser-copaser nakal yang tidak ingin memberikan link balik ke blog ini, ditambah lagi kalau copaser-copaser tersebut lebih jago di bidang SEO daripada ane. Bukannya blog ini yang mendapat untung, justru akan lebih dirugikan oleh para copaser nakal tersebut.

    Alasan tidak boleh copy paste

    Banyak sekali hal-hal yang mendasari kenapa copy paste tidak diperkenankan apalagi kalau copy paste tersebut dilakukan secara ilegal tanpa mengedit artikel tersebut, yaitu:

    1. Melecehkan hasil jerih payah seseorang karena tidak mengedit artikel tersebut, setidaknya 30 % dari artikel yang asli.
    2. Penulis artikel merasa dirugikan karena apa yang ia buat malah menguntungkan orang lain.
    3. Kalau penulis blog sudah naik pitam, blog si copaser tersebut bisa saja dihapus dari peredaran karena pengaduan penulis asli artikel tersebut.


    Berarti copy paste tidak boleh?

    Kalau bagi ane, sebenarnya copy paste itu diperbolehkan asal mengikuti etika-etika seperti:

    1. Mengedit ulang artikel 100 % atau paling tidak 30 % dari keseluruhan artikel.
    2. Memberikan backlink kepada blog yang menuliskan artikel yang asli atau setidaknya menuliskan sumber artikel tersebut.
    3. Setidaknya berkenalanlah dengan penulis asli artikel setidaknya memberikan komentar pada artikel tersebut.

Jujur, pada awalnya pun ane sering meng-copy paste tulisan dari blog lain tanpa menyertakan backlink. Tapi lambat laun ane tersadar betapa pentingnya suatu kekreativitasan dalam menulis artikel suatu blog. Karena untuk apa menjadi seorang blogger kalau kreatifpun tidak ada dan hanya mengcopas artikel dari blog orang lain.

Semoga bermanfaat

2 comments:

graphic design said... Reply To This Comment

thanx gan infonya..
kalo ane sich bukan klik kanan yang mati.. tapi semua tulisan ga bisa di blog,,..
salam blog..

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
princes Nadia said... Reply To This Comment

hahahaaahaahahaaaaa keren posyingan nya sob.....

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Berkomentarlah serelevan mungkin dengan artikel ini, tidak disertai dengan link, dan tidak mengandung unsur promosi, pornografi, sara, serta tidak menyinggung pihak lain.

Jangan memakai nama penyakit untuk dijadikan nama profil

Terima kasih telah berkunjung ^_^

 


Academics blogs Top academics blogs DMCA.com Academics Academics Blogs
Academics Bloggers - Meet Millions of Bloggers


© Copyright 2010. blognyavenny.blogspot.com .
All rights reserved | blognyavenny.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com | Modified by Blognya Venny