Monday, July 30, 2012

Bahayanya Menu Buka Puasa

| Monday, July 30, 2012 | 12 comments

bahaya+menu+buka+puasa

Bahayanya Menu Buka Puasa - Setelah sebelumnya ane menuliskan 6 hal unik yang muncul di bulan Ramadhan, kali ini ane menulis lagi tentang hal yang berkaitan dengan Ramadhan lagi. Berbuka puasa adalah hal yang dinanti-nanti bahkan sudah menjadi tujuan oleh semua Muslim yang ada di dunia tak terkecuali yang ada di Indonesia. Waktunya juga beragam, ada yang pukul 17, 18, 19, bahkan sampai pukul 20. Di Indonesia sendiri, perbedaan waktu berbuka puasa merupakan sesuatu yang sangat teramat lumrah. Kalau misalnya di Jakarta, waktu berbuka puasa pukul 18 tepat, maka bisa jadi di Medan 30 menit setelahnya.

Nah, untuk menyambut waktu berbuka puasa, ada begitu banyak makanan yang beragam yang mungkin bisa menghilangkan rasa lapar atau dahaga seseorang yang setelah satu hari penuh berpuasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Ada banyak jenis makanan, minuman maupun takjil yang bisa dikonsumsi. Mulai dari kurma, kolak, sambal, gorengan, dan lain sebagainya. Namun, pada umumnya seseorang yang berpuasa tersebut menjadi lupa terhadap apa yang dimakan dalam arti mereka tidak peduli kadar gizi dari makanan tersebut asal puas dan terasa kenyang.

Ada berbagai, menu makanan tidak sehat yang seringkali dikonsumsi bagi mereka yang berbuka puasa, bahkan menu makanan tersebut tidak diimbangi dengan menu makanan yang sehat. Ane telah merangkumkan jenis-jenis makanan yang umumnya dikonsumsi orang puasa yang akan berakibat buruk jika tidak diimbangi dengan menu makanan yang sehat dan juga bahaya yang ditimbulkannya.
  1. Minuman Es

    Bisa ane tebak, setiap kali sobat menunggu saat-saat adzan maghrib, pasti sobat sekalian sudah menyiapkan air es di depan mata atau setidaknya air dingin yang dirasa bisa menghilangkan dahaga sobat sekalian. Saat minuman dingin sampai di tenggorokan, pasti sobat merasakan kesegarannya ditambah lagi sobat minum untuk berbuka puasa. Tapi sobat tahu tidak, jika kita berbuka puasa dengan minuman dingin pada saat perut yang masih kosong, maka lambung yang habis beristirahat akan kaget dan akibat yang tidak diinginkan akan muncul.

    Pengalaman ane, selama berbuka puasa dengan minuman dingin, ane sering mengalami gejala maag. Sebaliknya saat ane menghentikan kebiasaan tersebut, gejala maag ane hilang hingga sekarang.

  2. Makanan dan Minuman yang manis

    Bukan berarti kita dilarang untuk berbuka dengan yang manis, justru sebaliknya Rasulullah SAW sendiri menganjurkan untuk berbuka dengan buah kurma. Makanan dan minuman yang manis di sini berarti adalah segala makanan dan minuman yang memang sengaja dibuat manis menggunakan bahan tambahan seperti gula pasir. Contohnya saja sirup, kolak, es campur, dan lain sebagainya.

    Jika para sobat berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang sengaja dibuat manis, bayangkan saja kalori yang masuk ke tubuh sobat ditambah lagi sobat melakukan kebiasaan ini selama 30 hari. Kalau ane lihat, umumnya orang akan bertindak brutal pada waktu berbuka puasa dengan memakan semua yang manis di depan mata.

    Bukannya energi yang sobat peroleh, justru gula darah dan berat badan akan naik karena gula sendiri merupakan karbohidrat sederhana yang akan segera dicerna pada saat itu juga.

  3. Makanan berlemak

    Makan makanan berlemak yang berlebih seperti gorengan, kolak santan, dan lain sebagainya, bisa menjadi masalah apabila sobat tidak menyeimbangi dengan sayur dan buah. Apabila sobat sekalian berlebihan dalam mengonsumsi makanan tersebut, maka lemak akan tersimpan di tubuh ditambah lagi pada saat puasa kondisi metabolisme melambat. Hal ini berakibat kepada susahnya lemak sobat untuk dipecah, sehingga berat badan yang tadinya diharapkan untuk turun malah naik drastis. Apalagi jika kebiasaan malas di bulan puasa dijaga, seperti tidur seharian, menonton TV dan bermain game selama berjam-jam dan lain-lain.

    Dan apabila sobat mengonsumsi ini secara terus menerus, maka tubuh akan penuh dengan timbunan lemak dan bisa jadi tekanan darah naik. Bahkan jika lemak yang menumpuk menyumbat pembuluh darah, resikonya bisa menjalar ke penyakit jantung.

Itulah ragam makanan dan minuman yang sudah menjadi kebiasaan untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa yang apabila dikonsumsi berlebihan dan tidak diimbangi dengan makan makanan yang sehat, maka akibatnya akan fatal. Rasulullah sendiri mengajarkan sebaiknya melakukan segala sesuatu jangan yang berlebihan dan untuk mengisi perut pun ada ruang ruangnya, sepertiga untuk air, sepertiga untuk udara, dan sepertiga untuk makanan.

Semoga bermanfaat

Sumber: antaranews.com dan health.detik.com

ditulis kembali oleh Blognya Venny

12 comments:

Torabora said... Reply To This Comment

intinya jangan berlebihan aja....hehehe... betul gak???

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Kenzoo Kha said... Reply To This Comment

yang penting menu buka puasanya, yang penting baca doa dulu.. heheh

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Tiara said... Reply To This Comment

jangan berlebihan ketika berbuka, tar jadi malas shalat bawaanya ngantuk jika kekenyangan.

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
nafi said... Reply To This Comment

Nyehehehehhehehehhe, kebiasaan orang pas buka langsung makan berat... langsung mules tuh perut...


hehehhehe, makasih makasih, alhamdulillah belum pernah makan ato minum yang agak berbahaya pas buka...

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
yusrandante said... Reply To This Comment

@Torabora saya juga sangat setuju, yang penting jangan berlebihan.. itu saja intinya...

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
rafid said... Reply To This Comment

kunjung balik sobb...... ;)

rh-w.blogspot.com

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
kurayaw said... Reply To This Comment

wah ngeri juga ya, padahal tuh smua dah jd kebiasaan..

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
riki said... Reply To This Comment

..waduh gan,gua rasa salah tuh,yang no 2 koreksi,Rasullah SAW menganjurkan makan makanan yang manis dan alami,kalo yg sudah di sentuh panas api ato reaksi seperti gula pasir,gula aren,coklat dll itu g' masuk.. .yg paling di anjurkan makan kurma yg baru dipetik,
..trus buka puasanya secukupnya saja,kalo rakus itu bukan buka puasa tapi nafsu yg tidak berhasil di puasakan

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
fauzionline said... Reply To This Comment

kebiasaan no 1 sepertinya sulit untuk dihentikan, penginnya sih minum es terus

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Berita Teknologi said... Reply To This Comment

bener semua kayaknya teorinya mba venny :)

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
MUHAMMAD SUGIARTO said... Reply To This Comment

Thaks infonya. cukup membantu. jangan lupa kunjungi juga blog ku www.tipsmudahkesehatan.blogspot.com

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Obat Mata Herbal said... Reply To This Comment

thanks ya informasinya semoga bermanfaat

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Berkomentarlah serelevan mungkin dengan artikel ini, tidak disertai dengan link, dan tidak mengandung unsur promosi, pornografi, sara, serta tidak menyinggung pihak lain.

Jangan memakai nama penyakit untuk dijadikan nama profil

Terima kasih telah berkunjung ^_^

 


Academics blogs Top academics blogs DMCA.com Academics Academics Blogs
Academics Bloggers - Meet Millions of Bloggers


© Copyright 2010. blognyavenny.blogspot.com .
All rights reserved | blognyavenny.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com | Modified by Blognya Venny