Monday, July 23, 2012

4 Hal Unik Tentang Nokia Yang Menyedihkan

| Monday, July 23, 2012 | 12 comments

4+hal+unik+nokia

Mungkin para sobat sudah tidak asing dengan merk handphone terkenal ini. Dari kelas menengah atas sampai yang ke bawah, semuanya tahu merk handphone ini. Dari seorang presiden sampai seorang pengemis sekalipun, semuanya tidak ada yang tidak mengenal gadget terkenal ini. Sobat pasti tahu nokia kan? Nokia sendiri merupakan salah satu merk handphone terkenal yang berasal dari Finlandia. Di Indonesia sendiri, Nokia merupakan salah satu produk handphone terkenal yang bisa digunakan setiap generasi karena cara pemakaiannya yang tidak terbilang rumit serta harga yang ditawarkan sesuai. Sekitar 70 % masyarakat Indonesia apabila ditanya apa nama merk terkenal untuk handphone, pasti mereka menjawab merk tersebut adalah Nokia. Ada banyak fakta unik dibalik produk handphone ini mulai dari julukannya hingga bagaimana ia mendapatkan nama brandnya. Berikut ini ane sudah merangkumkan 4 hal unik tentang nokia yang menyedihkan. Kok menyedihkan? Karena memang ada suatu kekontrasan dalam poin-poinnya yang membuat ironis. Simak lebih lanjut.

  1. Perusahaan Nokia awalnya adalah perusahaan penggilingan kayu

    Menurut bang Wikipedia sendiri sejarah Nokia adalah seperti berikut ini:

    Nokia didirikan sebagai perusahaan penggilingan kayu oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Perusahaan Karet Finlandia kemudian mendirikan pabriknya di kawasan sekitarnya pada awal abad ke-20 dan mulai menggunakan merek Nokia.

    Tak lama setelah Perang Dunia I, Perusahaan Karet Finlandia mengakuisisi Perusahaan Penggilingan Kayu Nokia dan Perusahaan Kabel Finlandia (sebuah produsen kabel telepon dan telegraf). Ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia Corporation pada tahun 1967. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa.


  2. Handphone sejuta umat

    Semua orang termasuk sobat sekalian sangat tidak asing dengan Nokia, bahkan penduduk di dunia sekalipun tidak ada yang tidak mengenal produk keluaran perusahaan Finlandia ini. Bahkan kalau bisa dibilang, hampir setiap orang di dunia ini menggunakan handphone ini bahkan sudah satu dasawarsa lamanya, handphone ini menjadi trend di seluruh dunia. Salah satu pijakan yang membuat handphone nokia banyak dipakai adalah Nokia 3210. Bahkan 3210 bisa dibilang sebagai hp dengan pengguna sejuta umat karena hp ini memang mengubah pandangan manusia bahwa berkomunikasi bisa dilakukan dengan mudah dengan hanya mengirimkan SMS saja. Hp ini pun telah terjual sekitar 150 juta unit.

  3. Tidak ada seri ke-4

    Coba sobat pikirkan, apa ada seri Nokia yang menggunakan angka 4? Kenapa hal ini bisa terjadi? Memang, diketahui para petinggi Nokia sendiri merupakan Tetraphobia yang berarti memiliki phobia terhadap angka 4. Angka 4 sendiri diartikan sebagai suatu kesialan atau bisa jadi angka yang menghubungkan dengan suatu kematian. Takhayul itu sendiri merupakan takhayul yang populer di negara-negara Asia Timur. Kalau kita sendiri, angka yang merujuk kepada suatu kemisteriusan adalah angka 13 kalau di Asia Timur, angka yang paling menakutkan adalah 4.

  4. Handphone sepi peminat

    Mungkin dulu handphone ini dijuluki dengan handphone sejuta umat. Namun, seiring dengan kemunculan handphone berbasis android seperti BlackBerry dan handphone-handphone pesaing lainnya. Ditambah lagi Nokia yang mengembangkan handphone yang berbasis windows seperti Lumia, tidak laku dijual di pasaran. Bahkan saat ini pun, Nokia melakukan suatu gebrakan yang belum pernah dilakukan sebelumnya dengan melakukan pemecatan besar-besaran terhadap para karyawannya dan begitupun kepada para penelitinya, hal ini dilakukan untuk menstabilkan perekonomian Nokia karena penurunan drastis yang terjadi pada tingkat penjualannya tersebut

Nah, itulah dia 4 hal unik yang terjadi pada Nokia, mulai dari bagaimana perusahaan tersebut hingga bagaimana perusahaan tersebut hampir bangkrut. Kalau dilihat dari kontrasnya poin kedua dengan yang terakhir, sungguh ironis. Ane juga sedih kalau membandingkan poin kedua dengan yang terakhir. Hal ini mengingatkan ane pada negara kita, Republik Indonesia. Yang mana dulunya negara ini bahkan bisa menjadi negara yang ditakuti oleh negara lain karena kegagahannya hingga dinobatkan sebagai negara yang mendapatkan julukan macan Asia. Namun sekarang, negara ini justru kehilangan arah karena munculnya pemimpin-pemimpin yang tidak tahu malu dan para generasinya yang hanya bisa menyalahkan satu sama lain.

Semoga bermanfaat.

Sumber: dari berbagai sumber (AnneAhira, Okezone, Tekhnology Kompasiana)
ditulis kembali oleh Blognya Venny


baca juga :

Jeruk Nipis Jadi Sumber Listrik

12 comments:

Informasi Gadget Android said... Reply To This Comment

saya baru tahu kalo sebelumnya Nokia adealah penggilingan kayu. Selain itu Nokia memang anti klimaks, dari HP yg sangat menguasai pasar dan sekarang menjadi HP yang mulai jarang di lirik oleh para pengguna HP, mungkin hal ini dikarenakan keputusan Nokia yg tidak bekerja sama dengan platform Android

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Anonymous said... Reply To This Comment

Kesalahan fatal nokia adalah meninggalkan operasi symbiannya, malah beralih ke windows phone. Padahal kalau fokus pd OS symbian, pasti banyak dipakai orang. Nasib memang..

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Anonymous said... Reply To This Comment

kalo menurutku sih hp nokia yang baru tidak lagi mengedepankan kualitas, bahkn yg high end sekalipun, ngga kaya dulu. makanya makin ditinggalkan peminatnya.

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
linkkhusus.rudi@blogger.com said... Reply To This Comment

nice,,

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
tri ryan said... Reply To This Comment

smua buatan manusia itu ada kekurangan dan kelebihannya, blackberry sja yang lagi tren skrng punya kekurangan contohnya
Secara spesifikasi hardware sudah ketinggalan sehingga pada device-device Blackberry tertentu mengalami keluhan hang dan lemot.
Performa dalam menjalankan aplikasi kurang begitu baik seperti menjalankan aplikasi/games berukuran besar.
Jumlah aplikasi dan games tidak sebanyak di iOS dan Android.
Jarang mendapat update OS dari RIM.

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Anonymous said... Reply To This Comment

"Namun, seiring dengan kemunculan
handphone berbasis android seperti BlackBerry dan
handphone-handphone pesaing lainnya" saya masih bingung ama kata2 diatas, android ada di blackberry gak level kali BB udah gk laku aja katanya lebih lakuan BB, padahal di dunia Nokia lebih laku dibandingkan BB, aneh ya

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
amir igo said... Reply To This Comment

nice, infonya menarik. baru tau kalo nokia udah mulai bangkrut.Keren.

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
eko bagus Septiawan said... Reply To This Comment

mudah mudahan perusahaan dari nokia gak baca artikel ini..amin..

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Abramovich said... Reply To This Comment

Wah ironis sekali ea pdahal sejak dari dlu saya menggunakan hp nokia..hehe :)

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
ersa rusbianto said... Reply To This Comment

ponsel pertama gua

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Barcode Scanner said... Reply To This Comment

say godbye to Nokia

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Laci Kasir said... Reply To This Comment

thx nokia... hp pertama ku

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Berkomentarlah serelevan mungkin dengan artikel ini, tidak disertai dengan link, dan tidak mengandung unsur promosi, pornografi, sara, serta tidak menyinggung pihak lain.

Jangan memakai nama penyakit untuk dijadikan nama profil

Terima kasih telah berkunjung ^_^

 


Academics blogs Top academics blogs DMCA.com Academics Academics Blogs
Academics Bloggers - Meet Millions of Bloggers


© Copyright 2010. blognyavenny.blogspot.com .
All rights reserved | blognyavenny.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com | Modified by Blognya Venny