Friday, June 15, 2012

Tips Bagaimana Berkepribadian Baik dan Dicintai Banyak Orang

| Friday, June 15, 2012 | 2 comments


Dalam kehidupan manusia, hal yang paling utama adalah beribadah, baik secara vertikal maupun horizontal. Ibadah secara horizontal adalah ibadah kita kepada sesama manusia yang bisa meliputi hubunhan kita terhadap mereka, perhatian, bahkan senyum sekalipun dapat dikatakan sebagai ibadah horizontal . Pada dasarnya , ibadah horizontal lebih susah daripada ibadah secara vertikal, karena pada umumnya manusia banyak maunya. Terkadang walau niat kita baik, tapi mereka menganggapnya jelek (emang reseh). Berikut ini merupaka tips untuk menjadi seseorang yang berkepribadian baik dan dicintai.

  1. Pujilah orang lain

    Manusia pada umumnya sangat suka dipuji, meskipun pekerjaan mereka dapat dikatakan jelek sekalipun mereka akan senang ketika hasil pekerjaan mereka dipuji. Dari sifat dasar manusia inilah kita dapat mengambil celah untuk bersedia memuji mereka. Cobalah untuk sesekali memuji mereka meskipun kita sendiri enggan memuji mereka. Tunjukanlah apresiasi kita pada mereka dengan begitu mereka merasa diri mereka berharga dan akan balik pula menghargai kita.

  2. Jadikan orang lain merasa penting

    Menjadikan orang lain merasa penting merupakan salah satu strategi yang tepat. Tunjukan sikap kita terhadap mereka dari baik secara lisan maupun tulisan. Misalnya saja bila kita mempunyai janji dengan orang tersebut, maka berusahalah semaksimal mungkin untuk menepati janji dengan cara tepat waktu dan berpenampilan optimal. Dengan begitu maka mereka merasa begitu penting untuk kita.

  3. Menjadi sang pendengar

    Untuk menjadi pendengar yang baik untuk yang aktif berbicara atau lebih tepatnya cerewet memang terasa sangat sulit. Namun cobalah untuk diam dan dengarkan setiap perkataan mereka. Antusiaslah dalam mendengar setiap kata-kata yang mereka lontarkan konsentrasilah pada apa-apa yang kita dengar. Jangan menyela sebelum diberi kesempatan untuk berbicara karena pada dasarnya manusia sangat tidak suka ada yang berbicara ketika ia berbicara.

  4. Sebutlah nama orang dengan benar

    Sebagian besar orang meyakini bahwa nama merupakan sesuatu yang istimewa. Mereka sangat sensitif ketika nama mereka disebutkan apalagi disebutkan secara salah. Cobalah untuk melafalkan nama mereka secara benar dan jangan memakai panggilan "Anu, siapa kamu" karena mereka akan merasa tidak dipedulikan oleh kita dan akan berusaha menjauhi kita.

  5. Ramah dan sopanbr />
    sopan merupakan sikap yang sangat disukai oleh semua orang terlebih lagi dengan orang yang lebih tua, namun tidak ada salahnya kalau kita bersikap ramah dan sopan kepada sebaya kita bahkan bisa kita lakukan pada yang lebih muda. Dengan kita bersikap sopan dan ramah, maka orang lain akan menganggap bahwa kita memiliki kepribadian yang baik dan peduli terhadap sesama.

  6. Murah hati

    Turunkan harga hati anda dari yang mahal ke yang murah, hehe. Bukan, maksudnya adalah lakukanlah sikap murah hati kepada sesama dengan cara selalu berbagi apabila mereka membutuhkan.

  7. Hindari sikap mencela dan mengkritik

    Umumnya orang tidak suka bila kelemahannya diketahui oleh orang lain, apalagi dipermalukan. Semua itu menyerang langsung ke pusat harga diri dan bisa membuat orang mempertahankan diri dengan sikap yang tidak bersahabat. Jadi jangan ejek temanmu yang salah, berusahalah untuk menghargai pendapatnya walau kamu tidak setuju dengan pendapatnya.

  8. Bersikap asertif

    Jika pembaca sangat ingin disukai oleh banyak orang, bukan berarti para pembaca sendiri harus menuruti kehendak hati seseorang dengan selalu mengucapkan ya di setiap kesempatan. Jadilah orang yang setidaknya mengatakan tidak pada saat dibutuhkan dan dalam situasi tertentu. Jangan pernah takut bila pendapat pembaca berbeda dengan orang lain. Perbedaan itu wajar dalam kehidupan dan yang paling penting adalah bagaimana kita menyikapi setiap perbedaan tersebut tanpa menimbulkan konflik.

  9. Berbuat sesuatu kepada orang lain sesuai dengan yang kita harapkan dari orang lain

    Ada sebab pasti ada akibat yang berlaku. Sama saja apabila para pembaca ingin disukai oleh orang lain. Untuk itulah, sebelum para pembaca mengharapkan semua orang menyukai pembaca, perlakukanlah mereka persis seperti yang pembaca ingin dapatkan dari mereka.

Itulah tips-tips yang dapat pembaca lakukan agar orang di sekita pembaca menyukai pembaca. Karena dengan mereka menyukai pembaca, maka pembaca sendiri tidak akan merasakan kesendirian dan apabila para pembaca mengalami kesusahan di kemudian hari maka mereka akan datang dan membantu setiap kesusahan yang pembaca alami.

Semoga bermanfaat.

sumber: http://www.huteri.com

baca juga :

Wajah Ganteng Berarti Imun Tubuh Kuat

Jeruk Nipis, si Buah Masam jadi Sumber Listrik

2 comments:

yobbis said... Reply To This Comment

iya gan, bener tuh, pengen banget punya kepribadian yang lebih dan lebih baik pada hari-hari selanjutnya :)

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
HS said... Reply To This Comment

Dasar-dasar pemikirannya sangat mirip dengan isi buku How to Win Friends and Influence People.

CMIIW.

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Berkomentarlah serelevan mungkin dengan artikel ini, tidak disertai dengan link, dan tidak mengandung unsur promosi, pornografi, sara, serta tidak menyinggung pihak lain.

Jangan memakai nama penyakit untuk dijadikan nama profil

Terima kasih telah berkunjung ^_^

 


Academics blogs Top academics blogs DMCA.com Academics Academics Blogs
Academics Bloggers - Meet Millions of Bloggers


© Copyright 2010. blognyavenny.blogspot.com .
All rights reserved | blognyavenny.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com | Modified by Blognya Venny