Thursday, March 1, 2012

Jatuh Cinta Pengaruhi Kesehatan

| Thursday, March 1, 2012 | 9 comments

jatuh+cinta+dampak+kesehatan

Pernahkah pembaca mengalami yang namanya jatuh cinta?? Penulis yakin pasti semua orang pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Dari anak tk sampai orang tua pasti merasakan yang namanya jatuh cinta, bahkan penulis pun pernah merasakan yang namanya jatuh cinta (penulis masih normal) meskipun penulis pendam dalam hati karena sifat pemalu penulis. Kalau kata orang bilang jatuh cinta berjuta rasanya, memang penulis merasakan. Di kala ia dekat, kita salah tingkah. Di kala ia jauh, kita selalu teringat. Di kala diam, kita jadi perhatian. Namun tahukah para pembaca bahwa yang namanya jatuh cinta memberi dampak bagi kesehatan bagi kita??

    Di bawah ini merupakan dampak positifnya:

  1. Berkurangnya Masalah Kesehatan Mental
    Kegalauan yang ditimbulkan dari rasa seorang diri dapat dihilangkan dengan adanya rasa cinta. Menurut jurnal American Journal of Sociology tahun 2002, para ahli menyebutkan bahwa tekanan mental dapat berarti bahwa seseorang tersebut memang tidak memiliki pasangan. Hal ini pun diperkuat oleh penelitian dari Florida State University pada tahun 2010.

  2. Mengurangi Rasa Nyeri
    Nyeri, nyeri, nyeri, itulah yang dapat hilang pada saat kita jatuh cinta . Karena dalam jurnal Plos One, peneliti tersebut menemukan bahwa jatuh cinta bisa bekerka sebagai analgesik dan mengurangi rasa sakit. Rasa romantis pun dapat mengaktifkan daerah otak yang berfungsi mengurangi rasa sakit dan hormon dopamin yang bisa meningkatkan rasa senang dan mood positif.

  3. Mengurangi Stres
    Jatuh cinta pun dapat mengurangi stress. Studi terbaru mengatakan bahwa mereka yang tidak memiliki pasangan lebih cendrung dan rentan terhadap stress daripada mereka yang memang memiliki pasangan dan hubungan stabil. Menurut penelitian dari University of Chicago dan Northwestern University, hubungan suatu pasangan dapat memengaruhi tingkat produksi kortisol dan pada saat hubungan sedang mengalami tekanan hormon yang lain yaitu hormon stress juga ikut meningkat. Berarti lebih baik kusendiri

  4. Panjang Umur
    Ternyata jatuh cinta bisa memperpanjang umur juga. Hal ini dibuktikan dengan adanya data sensus yang menunjukkan bahwa mereka yang belum melakukan suatu ritual pernikahan yang berartu tidak memiliki pasangan, mengalami kematian dini yang lebih tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang sudah menikah (berarti memiliki pasangan) walau ekonominya dikatakan rendah.

  5. Lebih Merasa Bahagia
    Journal of Neurophysiology mengatakan bahwa cinta sendiri dapat mengaktifkan dopamine tertentu yang berfungsi dalam menimbulkan rasa bahagia. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa melihat seseorang yang kita cintai seperti orang tua, pasangan, saudara, ataupun idola kita dapat berpengaruh dalam proses kerja di area tertentu dalam otak dan pada akhirnya kita lebih merasakan kebahagiaan ketika bertemu atau melihat mereka. Jujur penulispun sangat bahagia ketika melihat idola penulis, walaupun Cuma browsing di internet

Dari kesemua itu, apakah pembaca merasakan salah satu efeknya atau bahkan kelima-limanya?? Dari kesemua efek itu yang paling penulis temukan adalah adanya rasa motivasi dalam diri sendiri untuk mencapai tujuan. Namun kesemua itu kembali kepada individu masing-masing. Kalau para pembaca merasa bahwa jatuh cinta memberikan dampak yang baik, lebih baik dilanjutkan. Kalau dirasa jatuh cinta memberikan dampak yang buruk, lebih baik berhenti daripada ujung-ujungnya bunuh diri.

Semoga bermanfaat.

sumber: wolipop.com

9 comments:

Sugeng said... Reply To This Comment

Wah kalau begitu mari kita jatuh cinta tiap hari =)) Namun cintaku akan saya tujukan kepada tempat yang benar, cinta kepada Nya dan Rasul Nya.

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Blog Bisnis dan Wisata said... Reply To This Comment

waah beneran ya sob jatuh cinta bisa menghilangkan rasa nyeri..? amazing sekali...

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Venny Unida said... Reply To This Comment

@Sugeng benar gan :D

Venny Unida said... Reply To This Comment

@Blog Bisnis dan Wisata boleh dicoba sob :D

fuck love said... Reply To This Comment

wah terenyata cinta sangat bermanfaa'at untuk kesehatan yaaaa...???

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Blog MayaSalman said... Reply To This Comment

siipp gan :D

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Fajar Saputra said... Reply To This Comment

Blog nya sederhana tapi keren mbak venny.. :)
Mampir ke blog saya ya mbak,kalo bleh ikuti blog saya yg sederhana
inifajar.blogspot.com

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
aneh tapi nyata said... Reply To This Comment

Saya setuju nih. soalnya saya sedang jatuh cinta hihihi

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
Anonymous said... Reply To This Comment

Saya sdg jatuh cinta diam2 nih krn umur kita beda jauh, taҏί saya sdh merasa bahagia hidup lbh semangat ;-)

Thanks sob sudah bersedia mampir sekaligus berkomentar ^_^..... by Blognya Venny
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Berkomentarlah serelevan mungkin dengan artikel ini, tidak disertai dengan link, dan tidak mengandung unsur promosi, pornografi, sara, serta tidak menyinggung pihak lain.

Jangan memakai nama penyakit untuk dijadikan nama profil

Terima kasih telah berkunjung ^_^

 


Academics blogs Top academics blogs DMCA.com Academics Academics Blogs
Academics Bloggers - Meet Millions of Bloggers


© Copyright 2010. blognyavenny.blogspot.com .
All rights reserved | blognyavenny.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com | Modified by Blognya Venny